Perpecahan pada tubuh kristen,mengakibatkan banyaknya denominasi pada tubuh protestan.Selain itu,lahir pula sekte-sekte seperti  Saksi Yehovah,Kristen Ortdox Syiria dan yang lainnya yang sudah jadi jadi rahasia umum bahwa mereka saling menghujat dan saling menganggap golongan mereka yang benar dan diluar mereka salah.Hal itu wajar-wajar saja menurut saya,sebab perpecahan yang terjadi seperti sekarang ini sebenarnya sudah jauh-jauh hari memang sudah terjadi perpecahan pada tubuh kristen ketika pada zaman paulus.

Perpecahan yang terjadi pada zaman paulus,bisa dikatakan sebagai perpecahan pertama dalam tubuh kristen.Sebab pada zaman Paulus sendiri,ada satu golongan yang mengaku bahwa mereka dari golongan Apolos,golongan Kefas,golongan Paulus,dan bahkan dari golongan kristus.Hal itu bisa diketahui dengan membaca apa yang disampaikan oleh paulus pada 1Korintus 1 : 10 – 13 :

“Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.Sebab, saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu.Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus? “

Apa yang sampaikan kali ini,bukanlah membahas perpecahan yang ada pada tubuh kristen sebagaimana pada penjelasan saya diatas.Tetapi saya ingin menyampaikan apa yang terjadi pada 1 Korintus 1 : 13.Sebab apa yang ada pada ayat 13,maka sudah seyogyanyalah saya mencantumkan pula ayat sebelumnya supaya bisa memahami apa yang dikisahkan sebelum ayat 13 tersebut.Apa yang disampaikan oleh Paulus  pada ayat 13,yang secara keseluruhan merupakan  kalimat pertanyaan yang disampaikan kepada para jamaah korintus (khususnya pada orang-orang yang sudah mengaku sebagai golongan tertentu).

Apa itu kalimat pertanyaan ? Kalimat pertanyaan adalah kalimat yang berisi pertanyaan dari komunikator kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya (dari komunikan). Respon yang diharapkan dari komunikan adalah kalimat yang berisi jawaban.Adapun ciri-ciri dari kalimat pertanyaan adalah sebagai berikut :

1. Kalimat pertanyaan bisa dikenali dari intonasi yang menanjak / tinggi
2. menggunakan partikel tanya -kah.Misalnya pada kalimat : maukah kamu pergi denganku ?
3. Menggunakan kata-kata tanya atau interogatory word. Kata-kata tanya yang dimaksud adalah  apa, siapa, mengapa, kenapa, mana, dimana, dari mana, kemana, bagaimana, bilamana, bila, kapan, dan berapa.
4. Selain itu, untuk meyakinkan bisa juga digunakan kata bukan. Misalnya pada kalimat: Ibu sudah masak,bukan ?

Setelah kita memahami apa itu kalimat pertanyaan dan juga contoh yang ada pada alkitab,mari kita perhatikan 1 korintus 1 : 13 (silahkan fokus perhatian anda pada kalimat ini : “Adakah Kristus terbagi-bagi?” )pada versi alkitab yang lainnya.Seperti pada alkitab versi :

Pada alkitab versi diatas ternyata bukanlah kalimat pertanyaan tetapi merupakan kalimat penegasan.Pada no 1 – 3,adalah kalimat penegasan pada 1 korintus 1 : 3 yang disampaikan oleh paulus itu,yang mempunyai makna bahwa bahwa pada tubuh/apa yang disampaikan yesus tidak ada perpecahan dan paulus pun ingin menyatakan bahwa mereka itu bagaikan satu tubuh (dalam tubuh kristus).Pada No 4,ternyata terdapat catatan kaki yang berisi:”beberapa naskah kuno: Kristus tidak dapat terbagi-bagi.” Selain itu,pada Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-Hari (BIS) yaitu no 5,ternyata “masakan” kritus terbagi-bagi.

Sungguh sangat menggelikan apa yang ada pada surat paulus itu,sebab pada alkitab versi lain bahwa 1 korintus 1 : 13 berisi kalimat pertanyaan,tetapi pada versi lain merupakan kalimat penegasan dan ada versi yang sama,tetapi malah membahas tentang “masakan kristus”,padahal tidak ada pada Perjanjian Baru (PB) yang mengceritakan bahwa yesus itu pernah masak !

Dalam bahasa yunani μερίζω (me-rē’-zō),merupakan kata kerja yang mempunyai arti : untuk membagi (untuk memisahkan menjadi beberapa bagian, potong-potong),yang akar katanya dari μέρος (me’-ros).Pada teks yunani,ternyata kalimay=t yang kita bahas pun merupakan kalimat tanya dan bukan kalimat penegasan.

Sungguh tentang makna yang ada pada alkitab ketika melihat alkitab pada versi lainnya,maka jika kita mengacu kepada satu versi alkitab saja dan menutup mata dengan versi lain,bisa dipastikan jika kesalahan dan keganjilan kalimat yang ada pada versi lain maka seorang kristen akan menolak dengan tegas atas apa yang tertulis pada alkitab tersebut.