RUT  1 ayat 14.

Perhatikan gambar diatas pada kalimat yang ditandai.

-Pada I_BIS (kalimat yang ditandai dengan warna merah),bertuliskan : “lalu ia pun pulang”. Tetapi pada kalimat yang sudah ditandai dengan warna hijau ada keterangan bahwa: “{Menurut sebuah terjemahan kuno: lalu ia pun pulang;dalam naskah Ibrani tidak terdapat kata-kata itu.}”

-Pada I_FAYH (kalimat yang ditandai dengan warna biru), disana bertuliskan: “lalu pulang ke rumah orang tuanya.”

Dalam I_FAYH,dijelaskan rut sendiri pulang kerumah orang tuanya.Tetapi pada I_BIS,keterangan pulang kemananya hal itu tidak dijelaskan/tidak tertulis.

 

-Lain lagi pada I_ENDE dan I_TB, tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa rut sendiri pulang,apalagi menyatakan kalau rut pulang kerumah orang tuanya.

Menurut anda:

1.Manakah yang benar,apakah Orpa itu pulang ataukah tidak ? Sebab ada yang menjelaskan,kalau dia pulang dan ada juga yang tidak menjelaskan tentang kepulangannya itu

2.Jika Orpa itu memang pulang,pulang kemanakah dia ? Sebab ada yang menjelaskan kalau dia pulang ke rumah orang tuanya dan ada juga yang tidak menjelaskan kalau dia Cuma pulang saja tanpa diberitakan,kemana pulangnya orpa tersebut.Selain itu,ada uga yang menyatakan kalau dia tidak pulang setelah mencium ibu mertuanya.

3.Siapakah yang sudah melakukan pengurangan dan penambahan pada ayat tersebut? Berdosakah dia atau mereka yang melakukan pengurangan dan penambahan pada ayat tersebut?