Tentang sejarah penulisan injil yang saya ketahui selama ini,saya tidak dapat menemukan jawaban yang bisa dipertanggung jawabkan atas pertanyaan yang sering mengusik pikiran saya selama mempelajari injil yang pertanyaan itu sampai sekarang belum saya dapatkan jawabannya.Saya sering berpikir,siapa dan kapan alkitab disusun seperti sekarang ini yang menjadikan matius sebagai awal dari setiap injil yang ada.Meskipun injil matius bukanlah injil yang tertua maupun yang pertama ditulis,tetapi injil markuslah yang pertama dan tertua dalam penulisannya.Sejarah itu,seolah-olah memang hilang ataukah memang dihilangkan atau mungkin saya sendiri yang kurang cermat dalam mempelajari injil tersebut?

Karena hilangnya bukti otentik sejarah atas pertanyaan saya itu,sedikit saja saya akan membahas tentang suatu keraguan tentang kebenaran suatu kisah yang ditulis oleh matius.Yaitu,tentang bangkitnya orang yang mati dari kuburannya.Jika kita selalu beralibi tentang keMaha Kuasaannya Tuhan,apapun bisa terjadi dan hal itu bukanlah suatu jawaban yang otentik dalam pembahasan yang bersifat ilmiah apalagi hal ini adalah tentang sejarah yang pastinya selalu ada saksi mata.Tetapi,apakah kisah yang ditulis oleh matius tentang bangkitnya orang yang mati dari kuburannya itu bisa dipertanggung jawabkan,dikala tentang jati diri matius sendiri pun (yang notabenenya diklaim sebagai pengarang atau penulis injil matius) masih diragukan? Silahkan anda simak ayat yang saya maksud tersebut:

 

MATIUS 27:50-54

27:50 : Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

27:51 : Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

27:52 : dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.

27:53 : Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

27:54 : Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: “Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah.”

 

Jika kisah tersebut memang terjadi dan ada bukti sejarahnya yang pastinya bisa dipertanggung jawabkan,maka pertanyaan saya akan ada jawabannya:

1. Berapa jumlah orang kudus yang bangkit dan sejak kapan mereka mati ?

2. Siapa saja orang kudus yang bangkit dari kuburannya itu ?

3. Setelah mereka bangkit dari kuburannya lalu menuju kota kudus,kemanakah mereka pergi selanjutnya ?
4. Siapa sajakah yang menyaksikan kejadian yang menakjubkan tersebut ?

 

Saya bukan untuk menghakimi,tetapi saya hanya ingin mendapatkan bukti yang otentik dan bisa dipertanggung jawabkan bahwa kejadian itu memang nyata adanya.