Hak 1 ayat 10.

Perhatikan kalimat pada gambar diatas yang sudah ditandai dengan warna.

– Pada I_ENDE (kalimat yang ditandai dengan warna merah), disana bertuliskan kalimat sebagai berikut:

“Maka Juda madju perang lawan orang2 Kena’an, jang berkediaman di Hebron — nama Hebron dulu ialah Kirjat-Arba’. — Ia memukul Sjesja, Ahiman dan Talmaj.”

Didalam ayat tersebut,ada kalimat tambahan yang bisa dikenali dengan tanda strip : “— nama Hebron ah Kirjat-Arba’. —“, hal itu bukanlah kalimat yang sebenarnya tetapi merupakan kalimat penjelas (kalimat tambahan) dari I_ENDE pada hal 1 ayat 10.Karena kalimat tersebut kalimat tambahan (penjelas),berarti kalimat padaI_ENDE hak 1 ayat 10 sebenarnya hanya bertuliskan sebagai berikut : “Maka Juda madju perang lawan orang2 Kena’an, jang berkediaman di Hebron. Ia memukul Sjesja, Ahiman dan Talmaj.”

– Pada I_TB (kalimat yang ditandai dengan warna hijau), disana bertuliskan kalimat sebagai berikut:

“Lalu suku Yehuda bergerak menyerang orang Kanaan yang diam di Hebron  —  nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba  —  dan memukul kalah Sesai, Ahiman dan Talmai.”

Didalam ayat tersebut ada,kalimat tambahan : “—  nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba  —“,hal itu bukanlah kalimat yang sebenarnya tetapi merupakan kalimat penjelas dari I_TB pada hal 1 ayat 10.Karena kalimat tersebut kalimat tambahan (penjelas),berarti kalimat pada I_TB hak 1 ayat 10 sebenarnya hanya bertuliskan sebagai berikut : “Lalu suku Yehuda bergerak menyerang orang Kanaan yang diam di Hebron dan memukul kalah Sesai, Ahiman dan Talmai.”

Tetapi,jika anda melihat kalimat yang ada pada I_BIS dan I_FAYH (hak 1 ayat 10),maka kalimat tambahan  yang diberi tanda dengan tanda strip (-) dihilangkan.Jadi,menurut anda:

1.Siapakah yang  sudah menambahkan kalimat tambahan tersebut (nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba  ),yang patut untuk dimintai pertanggung jawabannya?

2.Manakah yang benar,apakah kalimat “nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba “ itu termasuk sebagai kalimat tambahan (penjelas) ataukah bukan?

JIKA ALKITAB ITU FIRMAN TUHAN ATAU MEMANG MENGANDUNG FIRMAN TUHAN MAKA TIDAK SEPANTASNYA ADA KALIMAT PENYISIPAN DAN HAL ITU MENANDAKAN BAHWA ALKITAB BUKANLAH FIRMAN TUHAN ATAU MENGANDUNG FIRMAN TUHAN KARENA SUDAH TERCAMPUR OLEH TANGAN-TANGAN MANUSIA.